Selasa, 04 Agustus 2020

Day 2 - RK hampir selesai

Ini hari kedua saya magang. Sejak hari pertama sudah ada pekerjaan yang ditugaskan meski sifatnya sekedar membantu tugas karyawan. Hari ini semakin kompleks. Penugasan mulai rumit. Beberapa kali otak rasanya lama sekali menerima penjelasan. Salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan menulis apa yang diinstruksikan (atau minta tolong rekan menuliskan wkwk). 
Syukurnya, rekening koran yang diberikan sudah hampir selesai. Tetap saja saya dan rekan mengerjakan masih berdua. Lucu memang seperti tugas kelompok biasa hehe tapi apa daya memang keadaannya masih begini. Semakin kesini saya menyadari sebuah ungkapan, "Apa yang didapatkan dari bangku kuliah belum tentu sama dengan yang di lapangan". IPK tinggi namun karena banyaknya teori yang terserap tetapi minim praktek. Saya dan rekan merasa masih memiliki ilmu yang sangat terbatas.
Ilmu yang didapat hari ini seputar penerimaan penjualan, pemisahan penerimaan uang muka (UM) dan KPR yang jika UM sudah lunas maka Memo pencatatan akan diisi dengan "biaya titipan x", penarikan retensi (dikategorikan sebagai data hold dan harus diinput satu per satu meski semua transaksi terjadi pada satu tanggal yang sama), pencairan real, dan pembuatan akun baru (terkadang ada 2 nama pada data piutang maka harus di cek di list faktur pesanan manakah nama pelanggan yang aktif). Oiya, jangan lupa umtuk selalu memasangkan antara data kas dengan data dari bank sehingga masing" akun ada pasangannya. Selain itu, juga jangan lupa memberikan tanda (block warna) di setiap akun pada excel yang selesai dikerjakan di software.
Kabar baik lainnya, pak bos hari ini berbaik hati menginstallkan software di masing-masing laptop saya dan rekan.
Masyaallah tabarakallah, benar-benar rezeki. Semoga teman-teman yang belum mendapat tempat magang segera acc dan diberi kemudahan.
#30haribercerita






Tidak ada komentar:

Posting Komentar