Senin, 03 Agustus 2020

Day-1, software akuntansi?

Ini hari pertama saya magang. Ternyata cukup menyenangkan. Padahal, semalam hampir sejam sekali saya bangun untuk memastikan tidak kesiangan. Dari beberapa hari sebelumnya sudah pusing dan bingung sendiri mau belajar apa. Untung satu kelompok terdiri dari 2 orang jadi bisa sharing.
Tadi kepala kantor berencana install software di laptop saya dan rekan. Namun ada beberapa konsep yang perlu dibuat sehingga ditunda. Jadilah memakai laptop milik kantor. Lumayan kaget karena belum pernah mencoba software untuk accounting sekalipun yaa yang sekelas accurate :(.
Excited sekali karena bisa nyobain setelah selama ini hanya menggunakan media buku dan jurnal biasa. 
Sempat salah satu karyawati bertanya, "mbak biasanya kalo kuliah pake software apa?", dengan polos saya cuma meringis dan menjawab belum pernah menyentuh sekalipun software" untuk akuntansi. Alhasil dengan sabar satu per satu diajari dan berhasil input transaksi meski harus dikerjakan berdua dengan rekan. 
Ternyata cukup mudah karena dengan software, otomatis data yang diinput akan membentuk laporan keuangan yang diinginkan.
Untuk mengisi di software, kita dapat melihat data di excel yang sebelumnya sudah dibuat. Excel dapat memudahkan untuk mencocokkan keseluruhan transaksi yang akan dikonversikan menjadi laporan keuangan melalui software. 
Selain itu, terdapat daftar aktivitas dan laporan. Untuk menambah input baru cukup klik aktivitas setelah itu pembayaran/penerimaan baru, atau yang lainnya. Jika sudah menambahkan nama akun dan nominalnya. Klik simpan dan baru. Untuk mengecek data apa saja yang sudah berhasil diinput, dapat melihat pada data pembayaran/penerimaan atau lainnya. List yang ada masih dapat dirubah dengan mengklik list tersebut lalu simpan dan perbarui. 
Cukup untuk hari pertama semoga selanjutnya berjalan dengan lancar. 
#30haribercerita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar